Bisnis Jamur Tiram Mulai Dilirik di Era Pandemi

Bisnis jamur tiram menjadi salah satu peluang yang menjanjikan. Ada banyak orang yang tertarik untuk melakoni usaha tersebut. Terlebih di era pandemi dimana masing-masing orang harus kerja keras untuk meningkatkan perekonomian.

Bisnis Jamur Tiram Mulai Dilirik di Era Pandemi

Peluang usaha jamur tiram adalah peluang dalam segi agribisnis yang sangat menguntungkan. Jamur tiram ini memiliki berbagai macam nutrisi bagi tubuh manusia. Mereka para vegetarian pasti lebih senang untuk menikmati makanan ini.

Mengapa Bisnis Jamur Tiram Menguntungkan?

Pernahkah Anda berpikir mengapa jenis usaha yang satu ini benar-benar menguntungkan? Komoditas ini memiliki pangsa pasar yang luas. Selain itu, bisnis tersebut benar-benar ramah lingkungan dan mudah dijalankan.

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis jamur tiram benar-benar menguntungkan.

  1. Iklimnya cocok

Indonesia merupakan Negara dengan iklim tropis. Berkembangnya bisnis ini di tanah air didukung dengan iklim yang cocok. Hal tersebut lantas mendukung usaha proses pembuatan budidaya jamur.

  1. Makanan yang cukup populer

Jamur menjadi salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Ada banyak olahan makanan yang dibuat menggunakan bahan baku jamur. Selain itu, kandungan vitamin dan gizi di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan kulit.

  1. Modal yang dibutuhkan relative kecil

Untuk melakukan bisnis jamur tiram, modal yang dibutuhkan tidak terlampau besar. Modal hanya digunakan untuk membeli bibit dan peralatan tambahan saja.

  1. Budidaya bisa berjalan cepat

Hal lain yang tidak kalah menarik dari usaha tersebut adalah budidaya bisa dilakukan dalam waktu yang cepat. Untuk memenuhi permintaan para konsumen tidak butuh menunggu waktu yang lama.

  1. Cocok untuk usaha sampingan

Metode yang dilakukan untuk melakukan budidaya jamur tidaklah ribet. Perawatannya juga sangat mudah dan tidak merepotkan. Maka, Anda yang memiliki pekerjaan lain bisa menjadikan bisnis ini sebagai pekerjaan sampingan.

Nah, terdengar sangat mudah bukan? Lalu, tips apa saja yang perlu dijalankan agar usaha ini bisa membuahkan hasil yang memuaskan?

Tips agar bisa Bisnis Jamur Tiram

Ketika Anda memutuskan untuk melakoni usaha ini, ada beberapa tips yang perlu dilakukan. Dengan begitu, proses usaha akan lebih cepat membuahkan hasil.

  1. Mempelajari tekniknya

Untuk melakukan budidaya jamur tiram ada teknik yang perlu dipelajari. Contohnya saja, mempersiapkan ruangan yang tidak terkena matahari langsung dan membuat rak rak tempat baglog. Maka, Anda Bisa belajar teknik lainnya lebih dulu.

  1. Memilih bibit yang baik

Agar bisnis jamur tiram membuahkan hasil yang memuaskan, maka Anda juga harus memilih bibit yang baik.

  1. Mempersiapkan kumbung

Kumbung jamur merupakan tempat untuk menumbuhkan jamur serta tempat untuk melakukan perawatan baglog. Anda bisa mempersiapkan kumbung dengan material genteng maupun sirap.

  1. Mempersiapkan media tanam

Media tanam untuk menumbuhkan bibit jamur tiram dapat terbuat dari bekatul, grajen alias serbuk gergaji serta kapur. Campuran dari ketiga bahan tersebut itulah yang akan membuat bibit jamur tiram muncul.

Semua media harus dicampur dengan merata. Anda bisa menambahkan air dengan takaran sekitar 60% dari media tanam tersebut.

Proses selanjutnya adalah melakukan inokulasi serta fermentasi. Anda bisa mempelajari prosesnya terlebih dahulu agar proses tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam waktu sekitar 1 bulan lamanya setelah proses fermentasi, maka Anda bisa bersiap untuk memanen. Ketika proses panen tiba, Anda tidak boleh telat atau menunda dalam memanennya.

Hal ini dikarenakan jamur bisa membusuk. Lakukan panen dan langsung masukkan jamur dalam keranjang yang kering. Mudah sekali bukan?

Usaha Ini bisa mulai Anda coba dari sekarang. Anda bisa melakukan prosesnya di hari libur jika memiliki pekerjaan utama. Perhatikan tekniknya terlebih dahulu sebelum melakukan bisnis jamur tiram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *