3 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Industri beserta Pengertiannya

3 Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Industri beserta Pengertiannya

Teknologi ramah lingkungan slot gacor 777 merupakan sebuah rencana atau metode teknologi yang digunakan untuk menggapai target tertentu. Salah satu misal teknologi ramah lingkungan bidang industri adalah biopori.

Biopori adalah suatu istilah yang digunakan untuk mendefinisikan lubang resapan air hujan. Lubang ini miliki diameter kira-kira 10 sampai 30 cm dan tidak mempunyai permukaan tanah air dangkal.

Contoh Teknologi Ramah Lingkungan Bidang Industri

Dikutip dari buku Green Technology Innovation (Transformasi Teknologi Ramah Lingkungan berbagai Sektor), Hotnida Nainggolan, S.T., M.T dkk (2023: 93), pengertian teknologi ramah lingkungan adalah suatu teknologi yang dirancang untuk kurangi pengaruh negatif terhadap lingkungan.

Selain itu, teknologi selanjutnya termasuk bertujuan untuk membantu pembangunan yang berkelanjutan. Teknologi ramah lingkungan sanggup diaplikasikan di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang industri.

Contoh teknologi ramah lingkungan bidang industri adalah sebagai berikut.

1. Biopori

Biopori merupakan suatu teknik lubang resapan yang digunakan untuk menyebabkan lokasi resapan air hujan. Teknik selanjutnya miliki beberapa prinsip yang sama bersama sumur resapan.

Teknik ini biasanya diterapkan di area yang dibikin berlubang-lubang kecil untuk menyerap air hujan dan disalurkan ke area penampungan air.

Hal selanjutnya benar-benar bermanfaat untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan sanggup menghindar banjir kala musim hujan sekaligus menjaga ketersediaan air di musim kemarau.

2. Biopulping

Biopulping adalah jenis teknologi ramah lingkungan yang terinspirasi dari sampah tanaman oleh mikroorganisme dan proses pelapukan kayu. Proses pelapukan selanjutnya berjalan secara alami.
Hal ini dilakukan oleh beberapa jenis mikrob dan jamur agar sampah dari pohon-pohon yang udah mati bakal diserap oleh alam secara alami.

Namun, tersedia beberapa kendala yang dihadapi oleh pemilik industri berbahan kayu seperti pabrik kertas.
Pabrik ini merupakan pengolahan limbah yang mempunyai kandungan zat kayu atau lignin yang mesti proses lama dan berbahaya terhadap kelestarian lingkungan sekitar.

Baca Juga: Ini Pilihan Sepeda Listrik Terbaru di Indonesia

3. Panel Surya

Contoh seterusnya adalah panel surya. Jenis teknologi ini merupakan teknologi yang memanfaatkan cahaya atau panasnya matahari.

Manfaat dari teknologi selanjutnya adalah sanggup merubah kekuatan cahaya matahari menjadi kekuatan listrik. Contoh teknologi yang memanfaatkan panel surya adalah teknologi fotovoltaik.