Gaji Mark Zuckerberg Hanya Rp 16.000 Tunjangan Ratusan Milliar

CEO Meta (induk Facebook, Instagram, dan WhatsApp) Mark Zuckerberg digaji senilai 1 dollar AS atau berimbang Rp 16.260 pada 2023.

Menurut laporan Times of India, Mark Zuckerberg telah mendapatkan gaji simbolis senilai 1 dollar AS sejak 2014. Selama satu dekade terakhir, Zuck juga tidak mendapatkan kompensasi berupa bonus dan penghargaan ekuitas.

Padahal semacam itu, Zuckerberg dilaporkan mendapatkan tunjangan lain-lain. Pada 2023, skor tunjangan Bos Meta ini mencapai 24,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 396,9 miliar sepanjang 2023. Hal ini terbongkar dari dokumen pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS pekan ini.

Jumlah Rp 396,9 miliar itu termasuk tunjangan untuk biaya keamanan pribadi kompleks rumah mewah Zuck (panggilan akrab bos Meta) senilai 9,4 juta dollar AS (sekitar Rp 153 miliar).

Meta menyebutkan, CEO-nya mendapatkan semacam itu banyak keamanan karena ia ialah “muka perusahaan” saat ini.

“Sentimen negatif terhadap perusahaan kami berimbas segera dengan Zuckerberg. Jadi, perlindungannya tidaklah murah,” kata dokumen pengajuan SEC tersebut.

Rumit rumah mewah Zuck ini disebut berada di Pulau Kauai, Hawaii, Amerika Serikat (AS). Rumit perumahan milik Zuckerberg ini informasinya dibangun di atas lahan seluas 1.400 hektar dan memiliki bungker besar.

Rumit rumah mewah ini dilengkapi agen sbobet fasilitas lain, seperti ruangan aula, gym, kolam renang, sauna, bak mandi dengan air panas, dan lapangan tenis. Tidak heran seandainya keamanannya mencapai Rp 153 miliar.

Kecuali itu, tunjangan tersebut juga termasuk biaya travelling Zuck dengan jet pribadi atau kapal pesiar yang mencapai 1 juta dollar AS (kira-kira Rp 16,3 miliar) pada 2023.

Orang paling tajir ke-4 di dunia

Padahal tidak mendapatkan bonus dan gajinya hanya 1 dollar AS, Zuckerberg ialah salah satu orang paling kaya di dunia. Ini berkat kepemilikan saham di Meta Platforms Inc. (dulu Facebook Inc), perusahaan yang didirikannya pada 2004. Zuckerberg diketahui memiliki porsi 13 persen saham di Meta.

Menurut data Bloomberg Billionaires Index per Kamis (2/5/2024), Mark Zuckerberg memiliki kekayaan bersih (net worth) senilai 154 miliar dollar AS atau sekitar Rp 2.503,7 triliun (kurs Rp 16.258).