Kenal Isu Teknologi Jepang Terkini

Seperti sudah diketahui bahwa teknologi Jepang sungguh-sungguh maju, bahkan sungguh-sungguh berimbas pada dunia. Dengan perkembangan teknologinya dari tahun ke tahun yang kian canggih , Jepang merupakan salah satu negara yang memberikan teladan kemajuan teknologi bagi dunia.

Sejarah dan Kemajuan Teknologi di Jepang
Ilmu pengetahuan dan teknologi modern yang dimiliki Jepang ketika ini bisa diselidiki dari asal-usulannya imbas dari masyarakat Barat. Secara historis, pada tahun 1543, Jepang bersentuhan segera dengan pencapaian peradaban dan teknologi Barat, merupakan berupa senjata api. Masuknya budaya Kristen yang masuk dari pengiriman senjata ke dalam negeri Jepang ke masa isolasi dan kebangkitan dan https://phenixsalonsuitesmn.com/ perkembangan studi Belanda sesudah pertengahan jangka waktu Edo, termasuk kedatangan Philipp Franz von Siebold di Jepang pada akhir jangka waktu Edo dan imbasnya, selama jangka waktu Meiji Ini menjadi persyaratan penting untuk pengenalan ilmu pengetahuan dan teknologi Barat di Jepang dan pembentukan ilmu pengetahuan dan teknologi modern di Jepang.

“Pertanian Cerdas”, Teknologi Pertanian di Jepang

Teknologi Pertanian Jepang terupdate merupakan dengan memakai istilah “スマート農業/ Smart Nougyou” atau disebut dengan Pertanian Cerdas. Menurut keterangan dari laman Kementerian Pertanian Jepang, Pertanian Cerdas merupakan Pengembangan teknologi pertanian yang memanfaatkan teknologi mutakhir seperti robot, AI, dan IoT, serta upaya implementasi sosial.

Perkembangan Pertanian Cerdas di Jepang ditunjang oleh perusahaan yang memproduksi mesin untuk memaksimalkan hasil produk pertanian, Seumpama Yamaha yang memproduksi mesin WATER STRIDER untuk membantu penyebaran pupuk di lahan, traktor robot yang dilengkapi monitor dan perangkat komputerisasi sehingga memudahkan pekerjaan petani dari mulai menuai bibit sampai memanen, dan lainnya. Ada juga robot yang berbentuk seperti pakaian yang melekat segera di badan, dengan tujuan membantu meringankan pekerjaan petani ketika mengangkat hasil panen yang berat jadi terasa lebih ringan, dan masih banyak lagi.

Kecuali itu Pertanian Cerdas ini juga termasuk penggunaan digitalisasi dalam memantau dan memandang laporan perkembangan tanaman.

Teknologi Perikanan di Jepang

Sama halnya dengan bidang pertanian, bidang perikanan bahkan tak lepas dari konsep “Perikanan Cerdas”, teknologi seperti ICT, IoT, AI dan juga teknologi seperti drone dan robot, juga dikembangkan di industri perikanan dan akuakultur.

Salah satu teladan teknologi perikanan Jepang yang diterapkan merupakan dengan pemanfaatan teknologi canggih seperti ICT dan efek lanjut seperti berbagi data dan kerjasama, pemberian pakan yang dikontrol dari jarak jauh, metode prediksi daerah menangkap ikan dengan memakai satelit, alat pancing otomatis tanpa memakai kekuatan manusia, mencari daerah adanya ikan dengan memakai drone berbentuk ikan, dan masih banyak lagi.