Pengaplikasian AI di Serangan Brute Force Dapat Percepat Bobol Kata Sandi

Perusahaan keamanan siber Kaspersky menyebutkan sudah memblokir 61 juta serangan brute forceyang menargetkan bisnis di Asia Tenggara, tahun lalu.

Sekedar info, serangan brute force yaitu sistem untuk menebak kata sandi atau kunci enkripsi yang spaceman melibatkan percobaan sistematis seluruh kemungkinan kombinasi karakter sampai ditemukan karakter yang sebenarnya.

Serangan brute spaceman force yang berhasil memungkinkan si penyerang mendapatkan kredensial pengguna yang valid.

Diungkapkan oleh Managing Director Kaspersky Asia Pasifik, Andrian Hia, mengatakan, pemakaian algoritma kecerdasan buatan bisa lebih cepat mengatasi login perusahaan dan pasangan kata sandiri.

“Dengan semacam itu, pelaku ancaman mendapatkan akses jarak jauh ke komputer perusahaan Anda, kemungkinan kerugian finansial malahan reputasi yang ditimbulkan menjadi tak terbatas,” kata dia.

Dari laporan Kaspersky, pada periode Januari-Desember 2023, total ada 61,3 juta serangan brute force.Generic.RDP yang digagalkan oleh Kaspersky di beraneka perusahaan.

RDP alias Remote Desktop Protocol yaitu protokol milik Microsoft yang menyediakan antarmuka grafis kepada pengguna untuk terhubung ke komputer lain via jaringan.

RDP banyak digunakan administrator sistem dan pengguna non teknis untuk memegang server dan PC lain dari jarak jauh.

Indonesia dalam Daftar Negara dengan Serangan RDP Tertinggi
Nah, serangan brute force dengan memanfaatkan RDP mencoba menemukan pasangan login/ kata sandi RDP yang valid, dengan secara sistematis memeriksa seluruh kemungkinan kata sandi sampai kata sandi yang benar ditemukan.

Serangan yang berhasil bisa membikin penyerang mendapatkan akses jarak jauh ke komputer host yang ditargetlan.

Kaspersky mencatat sejumlah kawasan dengan jumlah serangan RDP tertinggi pada tahun 2023, yaitu di Vietnam, Indonesia, dan Thailand.

Adapun Singapura memiliki lebih dari enam juta insiden, Filipina hampir 5 juta dan Malaysia dengan jumlah terendah, yaitu hampir 3 juta.