Performa Dari ASUS Vivobook TP410U

Performa Dari ASUS Vivobook TP410U

Laptop convertible saat ini menjadi salah satu perangkat yang menjadi perhatian Karena desain yang unik dan multifungsi. Desain unik menjadi daya Tarik dari laptop convertible Karena bisa berubah bentuk sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, laptop convertible bersifat multifungsi sehingga pengguna bisa menggunakan fungsi layaknya tablet PC pada platform laptop.

Serperti apa performa dari laptop ini ? yuk kita simak reviewnya !

Cinabench R15
Cinebench merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menguji kemampuan prosesor dan kartu grafis dalam memproses sebuah obyek 3D atau rendering. hasil dari pengujian yang berbentuk skor mengindikasikan kemampuan prosesor dan kartu grafis. Semakin tinggi nilai skor maka semakin baik.

PCMark 8
PCMark 8 Home berisi skenario pengujian yang menggambarkan aktivitas umum pada sistem PC rumahan. Skenario pengujian terdiri atas Web Browsing, Writing, Casual Gaming, Photo Editing dan Video Chat.

PCMark 8 Creative berisi skenario pengujian yang menggambarkan aktivitas tingkat lanjut yang memiliki beban lebih berat pada sistem PC rumahan. Skenario pengujian terdiri dari Web Browsing, Photo Editing, Batch Photo Editing, Media To Go, Mainstream Gaming, dan Video Group Chat.

PCMark 8 Work berisi skenario pengujian yang menggambarkan aktivitas umum pada sistem PC perkantoran. Skenario pengujian terdiri atas Web Browsing dan Writing.

Crystal Disk Mark
Crystal Disk Mark merupakan aplikasi pengujian dalam menentukan kecepatan baca dan tulis dalam komponen penyimpanan (storage) seperti HDD, SSD dan Hybrid Drive (SSHD).

3DMARK
3DMark merupakan salah satu aplikasi pengukur kemampuan kinerja komputer kita teruma dibagian kartu grafis. Jadi apabila kita ingin mengetahui kemampuan kartu grafis kita ,kita bisa menggunakan aplikasi ini sebagai pengukur kemampuannya. Karna Vivobook ini memiliki 2 grafis yaitu intel HD 620 dan Nvidia GeForce 930MX. Kita akan melakukan uji coba menggunakan dua grafis tersebut.

Temperature
Kombinasi Core i7 7500U dengan GeForce 930MX yang terdapat pada ASUS VivoBook Flip 14 TP410U mendekati 90°C pada pengujian stress test dengan aplikasi AIDA64. penulis merasa penggunaan sistem pendingin dengan kipas (HSF) merupakan pilihan tepat mengingat ASUS Vivobook Flip 14 TP410U yang dalam pengujian ini memiliki kartu grafis tambahan yaitu Geforce 930MX.

Battery Test
Dengan baterai 3 Cell 42Whrs yang tertanam didalamnya, ASUS ViVoBook Flip 14 TP410U mampu bertahan hampir 5 jam saat pengujian Video Playback terus menerus yang jika ada jeda mungkin bisa lebih lama lagi. Untuk pengisian baterai, ASUS mengklaim baterai laptop ini mampu terisi 60% dalam waktu 49 menit dengan adanya Fast Charging Technology yang umumnya ditemui pada smartphone sehingga pengguna tidak perlu mencolok adapter terlalu lama.

Kesimpulan
ASUS telah berhasil menciptakan laptop convertible dengan kemampuan dan build quality yang baik dan VivoBook Flip 14 TP410U adalah salah satunya. Dengan berat 1.6 Kg dan tebal 19,2 mm membuat VivoBook Flip 14 TP410U adalah salah satu laptop convertible 14 inci yang ringan dan tipis. Penggunaan chassis aluminium membuat tampilan terlihat kokoh.

Penggunaan prosesor Intel Core i7 7500U membuat performa dari VivoBook Flip 14 TP410U adalah salah satu yang terbaik. Laptop convertible pada umumnya hanya menawarkan opsi grafis terintegrasi. Namun selain memiliki IGP Intel HD Graphics 620, ASUS VIvoBook FLip 14 TP410U yang diuji kali ini datang dengan tambahan grafis diskrit NVIDIA GeForce 930MX dengan VRAM 2 GB yang membuat laptop ini menjadi salah satu laptop convertible yang bertenaga untuk bermain game terbaru.