Sejarah perkembangan IT dari generasi ke generasi

Komputer merupakan suatu perangkat keras yang berfungsi mengolah data dalam format yang telah ditentukan. Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Oleh karena itu, komputer sering kali digunakan sebagai alat untuk menghitung menurut metode yang telah ditentukan.

Lantas, bagaimana sejarah komputer dari generasi ke generasi? Era Mekanik (Sebelum Tahun 1940an) Perkembangan komputer terjadi sebelum tahun 1940an atau disebut dengan era mekanik dan setelah tahun 1940an atau era komputer komputer.

Pada saat bekerja, komputer yang digunakan bukanlah komputer elektronik, seperti sempoa. Pada masa itu, sempoa atau sempoa digunakan untuk menghitung transaksi bisnis.

Fungsi sempoa adalah menghitung dengan menggunakan buah geser yang disusun dalam suatu penyangga. Kemudian pada tahun 1642, Blaise Pascal menemukan kalkulator digital roda

1. Kalkulator ini berbentuk persegi panjang dan memiliki delapan roda berputar untuk menjumlahkan angka hingga delapan digit. Pada tahun yang sama, tepatnya tahun 1642, ahli matematika dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz, menyempurnakan kalkulator roda digital 1 dengan menciptakan mesin perkalian.

Generasi Pertama (1940-1959) Perang Dunia II Selama Perang Dunia II, negara-negara penting mencoba mengembangkan komputer untuk memanfaatkan potensi komputer.

Pada tahun 1941, seorang insinyur Jerman, Conrad Zuse, menciptakan komputer bernama Z3, yang digunakan untuk merancang pesawat  slot online 777terbang dan senjata berpemandu. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1943, Inggris berhasil menyelesaikan pembuatan komputer pemecah kode yang diberi nama Colossus Computer.

Komputer Colossus bekerja untuk memecahkan kode enkripsi yang digunakan oleh Nazi Jerman saat itu. Sayangnya keberadaan Computer Colossus tidak mempengaruhi perkembangan komputer sebenarnya, karena Colossus bukanlah komputer serba guna melainkan hanya dirancang untuk memecahkan kode enkripsi.

Integrator Elektronik, Digital dan IT (ENIAC). Komputer pertama mulai muncul pada tahun 1946 yang disebut dengan komputer generasi pertama. Komputer generasi pertama diciptakan dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen utamanya. Tabung berongga ini diketahui tidak efektif dalam banyak hal karena cepat panas saat digunakan. Hal ini dikarenakan tabung vakum memerlukan daya listrik yang sangat tinggi untuk beroperasi.