Speaker HP Kemasukan Air, Begini Cara Mengatasinya

Panik karena HP Anda tidak sengaja terkena air? Tak perlu panik karena ada cara mengatasi speaker HP Kemasukan air yang bisa Anda coba. Dengan cara seperti ini Anda tidak perlu khawatir HP atau speaker Anda akan rusak.

Tidak bisa dipungkiri, karena sering digunakan HP juga berpotensi terkena air baik secara sengaja maupun tidak sengaja. Jika terjadi hal seperti ini komponen HP yang sangat rawan mengalami masalah adalah speaker.

Speaker HP Kemasukan Air, Begini Cara Mengatasinya

Speaker HP yang terkena air biasanya akan membuat suaranya menjadi tidak jernih, suara pecah bahkan suara hilang sama sekali. Hal ini terjadi karena speaker terkena air sehingga membuat getarannya menjadi tidak beraturan.

Untuk mengatasi speaker yang rusak karena terkena air, Anda bisa mencoba tips mudah berikut ini :

Cara Mengatasi Speaker HP Kemasukan Air

Untuk mengatasi air yang masuk ke dalam speaker, ada beragam cara bisa Anda lakukan. Di antaranya seperti di bawah ini :

  1. Cek Pengaturan Volume HP

Salah satu cara untuk mengeluarkan air dari speaker HP adalah dengan mengecek pengaturan volume terlebih dahulu. Anda perlu memastikan apakah suara yang dihasilkan oleh speaker masih normal atau tidak. Bisa jadi masalah speaker disebabkan oleh pengaturan volume yang salah.

  1. Lakukan Tes Pada Speaker

Cara selanjutnya untuk mengatasi speaker HP kemasukan air adalah dengan melakukan tes pada speaker HP.  Untuk melakukan tes ini Anda bisa menggunakan kode pengecekan atau kode informasi hardware. Cara ini berguna untuk mengetahui apakah speaker mengalami kerusakan sebelum dilakukan pembongkaran.

  1. Bersihkan Speaker yang Terkena Air

Jika Anda temukan masih ada sisa air yang tertinggal di permukaan speaker HP, maka sebaiknya segera bersihkan terlebih dahulu agar airnya tidak masuk ke dalam. Cara mengeluarkan air dari speaker ini Anda bisa memakai jarum.

  1. Keringkan HP Menggunakan Hairdyer

Speaker yang terkena air harus segera dikeringkan agar tidak menimbulkan kerusakan lebih parah. Anda bisa menggunakan hairdyer dengan mode panas yang paling rendah untuk mengeringkan speaker. Jika baterai HP bisa dicopot, akan lebih baik jika Anda copot terlebih dahulu.

  1. Keringkan HP dalam Media Beras

Salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengatasi speaker HP kemasukan air adalah dengan merendamnya di dalam beras. Beras mampu menyerap air dengan sangat baik sehingga bisa mengeringkan komponen HP yang basah termasuk speaker.

Dampak Speaker HP Terkena Air

Speaker HP yang terkena air akan menunjukkan gejala kerusakan atau masalah. Salah satunya seperti suara yang dikeluarkan speaker menjadi lebih kecil. Kondisi ini terjadi karena membrane speaker tertutup oleh air yang membuat getaran suara menjadi tidak maksimal.

Speaker yang terkena air biasanya juga membuat suara yang dikeluarkan menjadi tidak jelas. Kondisi ini pastinya sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas Anda terutama untuk aktivitas yang menggunakan audio.

Dampak lainnya air yang mengenaik speaker adalah suara yang dikeluarkan speaker menjadi terdengar pecah atau krek.  Kondisi ini biasanya akan semakin parah jika Anda menaikkan volume ke level maksimal.

Jika kerusakan sudah semakin parah, dampak paling bahaya adalah speaker tidak mengeluarkan suara sama sekali.  Kondisi ini bisa terjadi karena permukaan speaker telah robek. Jika mengalami demikian, jalan keluarnya adalah dengan mengganti speaker baru.

Speaker merupakan komponen yang penting dalam sebuah HP. Oleh sebab itulah, jika speaker HP kemasukan air segera lakukan langkah untuk mengeluarkan air dari dalam. Jika dirasa Anda tidak mampu, akan lebih baik jika membawa ke tempat service yang berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.